Ditulis pada tanggal 27 December 2018, oleh biosystemmipa, pada kategori Uncategorised

 

Pelatihan Flow cytometry

Pelatihan Flow cytometry

Pusat Studi Biosystem yang bekerja di bawah naungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Universitas Brawijaya (LPPM-UB) menyelenggarakan kegiatan pelatihan Flow cytometry (FCM) dengan tema Training on: Basic Flow cytometry, Antibody Staining, Cell and Protein Expression Quantification ini dihadiri oleh sepuluh peserta. Kegiatan ini merupakan salah satu kinerja insentif Pusat Studi Biosystem dalam rangka promosi dan publikasi eksistensi Pusat Studi UB khususnya Biosystem. Kegiatan ini diselenggarakan pada hari Sabtu, 15 Desember 2018 di Gedung Biomol Lantai 2 Universitas Brawijaya. Kegiatan yang berlangsung selama satu hari ini diikuti oleh sepuluh peserta dengan profesi yang bervariasi mulai dari mahasiswa, dosen, dokter hingga mitra kerja yang berasal dari beragam instansi, di wilayah Kota Malang, luar Kota Malang bahkan Luar Pulau Jawa.

 

Pelatihan Flow cytometry

Pelatihan Flow cytometry

Kegiatan pelatihan FCM terbagi menjadi tiga sesi dengan pemateri utama yaitu Prof. Muhaimin Rifa’i. Sesi pertama berupa pemaparan materi meliputi pengenalan Pusat Studi Biosystem dilanjutkan dengan materi inti yaitu terkait FCM mulai dari dasar teori hingga aplikasi. Sesi kedua berupa praktik secara langsung yang dipimpin oleh Prof. Muhaimin dan dibantu oleh asisten. Sesi praktik meliputi proses pembedahan hewan coba, isolasi organ, isolasi sel, pewarnaan sel menggunakan molekul penanda (antibodi) yang dikenal dengan immuno staining dan dilanjutkan running pada mesin FCM. Sesi ketiga berupa penjelasan terkait analisis data hasil FCM menggunakan aplikasi yang telah disediakan. Kegiatan ini dirancang dan diselenggarakan sedemikian rupa dengan harapan seluruh peserta memahami secara gamblang bagaimana konsep dasar dan aplikasi serta praktik laboratorium hingga analisis data hasil FCM. Peserta juga dilibatkan dalam setiap proses sehingga peserta benar-benar melakukan langsung bagaimana proses pengerjaan FCM. Peserta juga cukup antusias dalam melakukan praktik dan tanya jawab terkait materi-materi yang disampaikan.

 

Pusat Studi Biosystem yang dipimpin oleh Prof. Muhaimin Rifa’i sudah beberapa kali menyelenggarakan kegiatan pelatihan FCM, namun kegiatan pelatihan kali ini lebih ditujukan untuk promosi eksistensi sehingga keberadaan dan kebermanfaatan Pusat Studi Biosystem dapat lebih dirasakan oleh masyarakat luas. Oleh karena itu, peserta yang diundang juga berasal dari kalangan yang bervariasi. Salah satu mitra kerja yang diundang pada kegiatan ini yaitu mitra kerja Biosystem dari PT. Ismut Fitomedika Indonesia (IFI)-Makassar yang sudah cukup lama melakukan kerja sama dengan Pusat Studi Biosystem, baik dalam aspek pengembangan Pusat Studi, Laboratorium hingga aktivitas penelitian. Harapannya, kegiatan semacam ini dapat dilakukan secara berkelanjutan sehingga mendukung eksistensi Pusat Studi Biosystem untuk terus berkarya dan bermanfaat bagi Universitas Brawijaya pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya. (Mulya Dwi).